Minggu, 25 Desember 2016

Manfaat dalam Mempelajari Psikologi Perkembangan

Dalam mempelajari psikologi perkembangan terdapat banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya. Mempelajari psikologi perkembangan memiliki manfaat yang besar bagi individu, orang tua, maupun guru. Berikut ini beberapa manfaat psikologi perkembangan, yaitu:
1.      Manfaat bagi individu
Seorang individu akan mampu memahami diri pribadinya dan individu pada umumnya dengan lebih baik, sehingga dapat membina dan mengembangkan ke arah kehidupan yang lebih positif.
2.      Manfaat bagi orang tua
Orang tua dapat memberikan pendidikan yang tepat sesuai dengan pola-pola dan tingkat-tingkat perkembangan anak, membantu apa yang diharapkan oleh anak dan kapan yang diharapkan itu muncul, mengetahui perkembangan yang normal pada anak, membantu orang tua dalam menghadapi tantangan saat membesarkan dan mendidik anak, dan lain-lain.
3.      Manfaat bagi guru dan calon guru
Dengan bekal psikologi perkembangan, guru dapat memilih dan memberikan materi pendidikan dan pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak didik pada tiap tingkat perkembangan tertentu dan memilih metode pengajaran dan menggunakan bahasa yang sesuai dengan tingkat perkembangan pemahaman murid mereka.
Selain manfaat yang telah dipaparkan di atas, masih banyak lagi manfaat lain yang diperoleh dari mempelajari psikologi perkembangan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar