Selasa, 06 Desember 2016

DEFINISI BELAJAR



Apa itu belajar?
Membahas mengenai belajar tidak akan ada habisnya karena belajar sudah merupakan kodrat yang melekat pada diri setiap individu manusia. Bahkan bagi umat muslim belajar atau menuntut ilmu hukumnya adalah wajib mulai dari kita pertama kali lahir sampai liang lahat atau sampai kita tutup usia. Kehidupan kita tidak akan pernah terlepas dari yang namanya belajar.  Mulai dari belajar berjalan, belajar berbicara,  belajar menulis, belajar membaca, dan lain sebagainya. Lantas apakah belajar itu?
Pengertian belajar dapat kita temukan dalam berbagai sumber atau literatur. Meskipun terdapat perbedaan-perbedaan didalam rumusan pengertian belajar tersebut dari masing-masing ahli, namun secara prinsip terdapat pula kesamaan-kesamaannya. Belajar adalah suatu aktivitas atau suatu proses memperoleh pengetahuan, meningkatkan keterampilan, memperbaiki perilaku, sikap, dan mengokohkan kepribadian. Menurut Burton dalam sebuah buku “The Guidance of Learning Activities” merumuskan pengertian belajar sebagai perubahan tingkah laku pada diri individu berkat adanya interaksi antara individu dengan individu dan individu dengan lingkungannya sehingga mereka mampu berinteraksi dengan lingkungannya.
Dalam kesimpulan yang dikemukakan Abdillah, belajar adalah suatu usaha sadar yang dilakukan oleh individu dalam perubahan tingkah laku baik melalui latihan dan pengalaman yang menyangkut aspek-aspek kognitif, afektif dan psikomotorik untuk memperoleh tujuan tertentu.
Banyak para ahli yang mendefinisikan belajar dan banyak pula teori-teori belajar. Serta terdapat aliran-aliran dari teori belajar, diantaranya: aliran disiplin mental, aliran behaviorisme, aliran kognitivisme, dan aliran kontruktivisme.
Adapun definisi belajar menurut beberapa ahli yaitu:
1.  Abdillah (2002) Mengatakan belajar sebagai suatu usaha sadar yang dilakukan oleh individu dalam perubahan tingkah laku, baik melalui latihan atau pengalaman yang menyangkut aspek-aspek kognitif, afektif dan psikomotorik untuk memperoleh tujuan tertentu.
2.  Slameto (2003) Menjelaskan bahwa belajar merupakan suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang baru secara menyeluruh, sebagai hasil dari pengalamannya sendiri dalam berinteraksi dengan lingkungannya
3.  Sudjana (2010) Menyatakan bahwa belajar ialah suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang. Adapun perubahan hasil proses belajar dapat ditunjukkan dalam berbagai bentuk seperti: penambahan pengetahuan, pemahaman, sikap dan tingkah laku, kecakapan, kebiasaan serta perubahan aspek-aspek lainnya yang ada pada individu-individu yang belajar.
4.  Lisnawaty Simanjuntak (1998) Berpendapat bahwa belajar merupakan perubahan yang relatif menetap dalam potensi tingkah laku yang terjadi sebagai akibat dari latihan dengan penguatan yang tidak termasuk perubahan-perubahan karena kematangan, kelelahan dan kerasukan pada susunan syaraf atau dengan kata lain mengetahui dan memahami sesuatu sehingga terjadi suatu perubahan dalam diri seseorang yang belajar.
5.  Ernest R. Hilgard (2001) Menjelaskan bahwa belajar merupakan sebuah proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang dapat menimbulkan perubahan dan keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh hal lainnya.
6.  Gagne (2007) Mendefinisikan belajar sebagai suatu proses dimana perilaku suatu organisme berubah akibat adanya suatu pengalaman.
Berdasarkan beberapa definsi diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa belajar adalah upaya atau kegiatan memperoleh ilmu yang menyangkut segala aspek baik itu dilakukan secara sengaja atau tidak sengaja. Satu hal yang pasti dengan belajar kita akan menghasilkan sesuatu seperti perubahan tingkah laku, melakukan hal yang tadinya tidak bisa menjadi bisa, dan yang tadinya tidak tahu menjadi tahu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar