Minggu, 25 Desember 2016

Psikologi Perkembangan


Pengertian Psikologi Perkembangan
Menurut asal katanya, psikologi berasal dari bahasa Yunani kuno “ψυχή” (psychaē, yang berarti jiwa) dan “-λογία” (-logia yang artinya ilmu), sehingga secara etimologis, psikologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang jiwa.
Secara harfiah, psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa, dalam hal ini mempelajari tingkah laku dan proses mental. Psikologi menurut Mussen dan Rosenwieg adalah suatu pengetahuan yang mempelajari tentang mind (pikiran) atau the study of mind, tetapi dalam perkembangannya kata mind berubah menjadi behavior (tingkah laku) sehingga psikologi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia. Para praktisi dalam bidang psikologi disebut para psikolog. Psikolog berusaha mempelajari peran fungsi mental dalam perilaku manusia (makhluk hidup).
Secara umum, psikologi dibedakan menjadi dua cabang, yaitu psikologi teoretis (psikologi umum dan psikologi khusus) dan psikologi terapan. Psikologi perkembangan yang mengkaji perkembangan tingkah laku dan aktivitas mental manusia sepanjang rentang kehidupannya mulai dari masa konsepsi hingga meninggal dunia masuk dalam psikologi khusus, yaitu psikologi yang memperlajari kekhususan dari tingkah laku individu. Sejalan dengan perkembangan kehidupan yang semakin dinamis dan kompleks, jenis-jenis psikologi akan semakin terus berkembang.
Dalam usaha memahami psikologi perkembangan, kita harus mengetahui apa yag dimaksud dengan perkembangan. Kata perkembangan mulai dipergunakan oleh psikologi sejak abad ke-20. Perkembangan dalam psikologi dapat diartikan sebagai serangkaian perubahan yang berlangsung secara terus-menerus dan bersifat tetap dari fungsi jasmaniah dan rohaniah yang dimiliki individu menuju ke tahap kematangan melalui pertumbuhan, pematangan dan belajar. Perkembangan bergerak secara berangsur-angsur namun pasti, kian hari kian bertambah maju, mulai dari masa pembuahan hingga berakhir dengan kematian.
Setelah diketahui tentang batasan perkembangan maka selanjutnya diuraikan tentang pengertian psikologi perkembangan, yaitu:
1. Psikologi perkembangan adalah suatu ilmu yang lebih mempersoalkan faktor-faktor umum yang memengaruhi proses perkembangan yang terjadi dalam diri pribadi seseorang, dengan menitikberatkan pada relasi antara kepribadian dan perkembangan (F.J. Monks, Kenoers, Siti Rahayu Haditono).
2. Psikologi perkembangan (psikologi anak) adalah suatu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia yang dimulai dengan masa-masa bayi, anak pemain, anak sekolah, masa remaja sampai masa adolesense menjelang dewasa (Kartini Kartono).
Dari beberapa definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa psikologi perkembangan merupakan suatu cabang dari psikologi yang membahas tentang gejala jiwa seseorang baik menyangkut perkembangan atau kemunduran perilaku seseorang sejak masa konsepsi hingga berakhir dengan kematian. Objek psikologi perkembangan adalah perkembangan manusia sebagai pribadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar