Senin, 19 Desember 2016

Pembelajaran Tematik



Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang menerapkan tema-tema yang jauh lebih aktual dan konstektual dalam kehidupan sehari-hari. Artinya penerapan kurikulum tematik pada dasarnya adalah penerapan konsep pembelajaran yang menggunakan tema dalam konstektualisasi beberapa materi pembelajaran.
Cara ini akan membuat peserta didik menemukan pengalaman nyata yang sangat bermakna, khususnya mengenai hal-hal yang berkaitan dengan materi pelajaran. Akhirnya, dengan penerapan pembelajaran tematik di SD/MI, khususnya kelas 1, 2, dan 3, kegiatan belajar dan mengajar tidak akan berdiri sendiri, bahkan akan berjalan secara lebih berkesinambungan.
Mengacu pada pengertian tersebut, jika guru mengadakan kegiatan belajar dan mengajar dengan pembelajaran tematik, maka ia harus merancang pembelajaran berdasarkan tema-tema tertentu. Ia harus membahas tema-tema tersebut dari berbagai materi pelajaran yang tersedia. Misalnya , tema udara dapat dibahas melalui pealajran IPA dan pendidikan jasmani. Bahkan, lebih jauh lagi, tema udara juga dapat dibahas melalui pelajaran-pelajaran lain, seperti bahasa Indonesia, pendidikan agama, ataupun IPS.
Dengan demikian, jika guru mengadakan pembelajaran tematik maka sebenarnya ia telah menyediakan keluasan dan kedalaman implementasi pembelajaran. Dengan pembelajaran tematik, guru juga dapat memberikan ruang penuh kepada para peserta didik untuk mengeksplorasi gagasannya serta memunculkan dinamika dalam pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar