Selasa, 06 Desember 2016

Pandangan Cristian Wolf Tentang Klasifikasi Ilmu Pengetahuan



Wolf mengklasifikasi ilmu pengetahuan ke dalam tiga kelompok besar, yakni ilmu pengetahuan empiris, matematika, dan filsafat. Wolf menjelaskan pokok-pokok pikirannya mengenai klasifikasi ilmu pengetahuan itu sebagai berikut.
1.      Dengan mempelajari kodrat pemikiran rasional, dapat ditemukan sifat yang benar dari alam semesta. Semua yang ada di dunia ini terletak diluar pemikiran kita yang direfleksikan dalam proses berfikir rasional. Sebab alam semesta ini merupakan suatu sistem rasional yang isinya dapat diketahui dengan menyusun cara deduksi dari hukum-hukkum berpikir.
2.      Pengetahuan kemanusiaan terdiri atas ilmu-ilmu murni dari filsafat dan filsafat praktis. Ilmu-ilmu murni adalah teologi rasional yang terkait dengan pengetahuan tentang Tuhan, psikologi rasional yang terkait dengan kodrat dunia fisik. Filsafat praktis mencakup etika sebagai ilmu tentang tingkah laku manusia, politik atau ilmu pemerintahan, ekonomi sebagai bidang ilmu apa yang harus dilakukan seseorang untuk mencapai kemakmuran.
3.      Ilmu-ilmu murni dan filsafat praktis sekalligus merupakan produk metode berpikir deduktif. Ilmu-ilmu teoretis dijabarakan dari hukum tidak bertentangan yangmenyatakan bahwa sesuatu itu tidak dapat ada dan tidak ada dalam waktu yang bersamaan. Apa yang sanggup kita ketahui tentang dunia fisik diturunkan dari hukum alasan yang mencukupi yang menyatakan bahwa ada suatu alasan niscaya bagi keberadaan segala sesuatu.
4.      Seluruh kebenaran pengetahuan diturunkan dari hukum-hukum berpikir. Apa yang dikatakannya tentang moral dan religi adalah suatu kodrat yang abstrak dan formal secara niscaya. Etika dalam pandangannya tidakk lebih dari seperangkat aturan yang kaku dan harus diikuti, sesuatu yang tidak terjawab yang hanya hadir dalam kasusu-kasus tertentu saja. Agama juga demmikian, diformalkan kedalam seperangkat kepercayaan tentang Tuhan dan jiwa manusia. Unsur-unsur emosi yang bermaiin secara normal masing-masing berperan pentingdi dalam wilayah pengalaman yang sangat minim.
5.      Jiwa manusia dalam pandangan Wolf dibagi menjadi tiga, yaitu mengetahui, menghendaki, dan merasakan. Ketiga aspek jiwa manusia ini akan mempengaruhi pandangan Immanuel Kant tentang tiga kritiknya yang terkenal, yaitu kritik atas rasio murnni, kritik atas rasio praktis, dan kritik atas daya pertimbangan.

Klasifikasi ilmu pengetahuan menurut Wolf ini dapat disamakan sebagai berikut.
1.      Ilmu pengetahuan empiris 
a.      Kosmologis empiris 
b.      Psikkologis empiris
2.      Matematika
a.       Murni
1)      Aritmatika
2)      Geometri
3)      Aljabar
b.      Campuran: mekanika, dan lain-lain.
3.      Filsafat
a.       Spekulatif (metafisika)
1)      Umum – Ontologi
2)      Khusus: psikologi, kosmologi, theology.
b.      Praktis
1)      Intelek -/ Logika
2)      Kehendak : ekonomi, etika, politik.
3)      Pekerjaan fisik: tekhnologi.

1 komentar:

  1. Sangat membantu sekali dalam perkuliahan saya
    kalau boleh bisa minta pdf tentang Christian Wolff kaka

    BalasHapus