Senin, 19 Desember 2016

Filosofis Bunga Anggrek



Apakah kalian tahu bunga anggrek? Bagaimana menurut kalian, indah bukan? Ya, bunga anggrek merupakan bunga yang sangat indah. Oleh karenanya banyak wanita yang menyukai bunga jenis ini karena keindahan bunganya. Bunga anggrek juga lebih tahan lama dibandingkan bunga mawar. Lantas tahukah anda bahwa keindahan dan kekuatannya tidak dihasilkan dalam waktu singkat? Mulai dari bibit hingga berbunga membutuhkan waktu lama.  Pada setiap fase pertumbuhannya banyak ancaman dari lingkungan yang  dapat membuatnya tidak tumbuh   bahkan mati.
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa bunga anggrek merupakan sebuah bunga yang sangat sulit untuk ditanam, bukan hanya itu jika anda pecinta bunga anggrek dan pernah menanamnya pasti anda akan tahu betapa kita harus menunggu waktu bertahun-tahun untuk bisa melihat bunga kesayangan anda ini mekar.
Anggrek atau orchidaceae merupakan tanaman yang sebagian besar hidup di daerah tropis, dan kebanyakan juga sebagai suku epifit, atau tubuan yang hidup dengan cara menempel pada tumbuhan lain. Ada pula anggrek yang hidup di tanah, dengan cara membentuk umbi, anggrek ini biasanya hidup pada daerah yang beriklim sedang
Bunga ini merupakan salah satu bunga tercantik di dunia, pesona inilah yang membuat sebagian orang rela menanam anggrek yang notaben-nya butuh perawatan extra, butuh perhatian, tidak seperti bunga-bunga dari jenis lain. Dan kalian pasti tahu jika bunga anggrek merupakan bunga nasional di negara kita, Singapura, dan Thailand. Anggrek sering dipergunakan sebagai simbol dari rasa cinta, kemewahan, dan keindahan selama berabad abad. Bangsa Yunani menggunakan anggrek sebagai simbol kejantanan, sementara bangsa Tiongkok pada zaman terdahulu mempercayai bahwa bunga anggrek adalah bunga yang mengeluarkan aroma harum dari tubuh kaisar.
Jika kita pahami tentang penantian bunga anggrek yang begitu lama dalam berbunga, perawatan yang lumayan sulit untuk bisa bertahan hidup mengingatkan kita pada hidup ini, ya pada hidup kita.
Bunga anggrek yang mekar 10 tahun sekali akan terlihat lebih indah dari pada bunga anggrek yang berbunga setiap tahunnya. Buat teman-teman yang merasa dalam hidupnya terus dirundung kesusahan janganlah terlampau lama berlarut-larut dalam kesedihan. Tapi percayalah bahwa semua itu akan indah pada waktunya, kita hanya sedang diuji, kita hanya sedang disuruh untuk menunggu. Belajarlah dari bunga anggrek yang membutuhkan waktu 10 tahun untuk mekar, jika kita tidak sabaran pasti kita akan membuang bunga itu, padahal kita sudah merawatnya selama 9 tahun. Waktu yang terbuang percumah mengingat kita hanya tinggal menunggu waktu 1 tahun lagi supaya bisa menikmati keindahan yang teristimewa itu. Keindahan yang tidak setiap tahun bisa kita nikmati, dan penantian yang terbayar lunas.
Begitu juga dalam kehidupan, kadang hal-hal  indah  yang Tuhan janjikan  harus melalui proses  panjang, dan menyakitkan. Hambatan-hambatan yang ada kadang memaksa kita untuk menyerah. Di sisi lain kita melakukan hal-hal dengan maksud mempercepat mendapatkan apa  yang kita inginkan.
Kita tidak bisa mempercepat rencana Tuhan dalam hidup kita. Tugas kita hanya senantiasa bertekun dan berserah.  Jangan mudah goyah.  Tetap letakkan pengharapan hanya pada Tuhan.  Pada akhirnya ada hadiah terindah yang Tuhan sediakan bagi kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar