Minggu, 25 Desember 2016

Karakteristik Perkembangan Peserta Didik



Karakteristik perkembangan anak usia sekolah dasar (SD)
Pengertian karakteristik siswa
Karakteristik siswa adalah marupakan seluruh kondisi/keadaan watak yang nyata dan timbul dalam suatu tindakan siswa dalam kehidupannya setiap saat dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dengan demikian, karena watak dan perubahan manusia tidak akan lepas dari kodrat dan sifat, serta bentuknya yang berbeda-beda antara seorang dengan yang lainnya, maka tidak heran jika bentuk dan karakter siswa juga berbeda-beda.
Adapun karakteristik dan kebutuhan peserta didik adalah sebagai berikut.
1.      Senang bermain
Guru SD seyogiyanya merancang model pembelajaran yang memungkinkan adanya unsur permainan di dalamnya. Penyusunan jadwal pelajarn hendaknya diselang seling antar mata pelajaran serius, seperti IPA atau matematika dengan pelajarn yang mengandung unsur permainan, seperti pendidikan jasmani atau seni budaya dan keterampilan.
2.      Senang bergerak
Guru hendaknya merancang model pembelajaran yang memungkinkan anak berpindah atau bergerak. Guru profesional harus memberikan layanan yang baik agar anak dapat bergerak secara leluasa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
3.      Anak senang bekerja dalam kelompok
Karakteristik ini membawa implikasi bahwa guru harus merancang model pembelajaran yang memungkinkan anak untuk bekerja atau belajar dalam kelompok.
4.      Senang merasakan atau melakukan, memperagakan sesuatu secara langsung
Guru hendaknya merancang model pembelajarn yang berkualitas dan memungkinkan anak terlibat langsung dalam proses pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013, dimana guru dalam kegiatan belajar mengajar sebagai fasilitator terhadap murid-muridnya, dan yang aktif adalah siswanya.
5.      Anak suka cengeng
Sebagai guru harus membuat metode pembelajaran tutorial atau metode bimbingan agar kita dapat selalu membimbing dan mengarahkan anak, membentuk mental anak agar tidak cengeng.
6.      Anak sulit memahami isi pembeicaraan orang lain
Guru harus membuat metode eksperimen agar anak dapat memahami pelajaran yang diberikan dengan menemukan sendiri inti dari pelajaran yang diberikan.
7.      Senang diperhatikan
Peran guru untuk mengarahkan perasaaan anak tersebut dengan menggunakan metode tanya jawab, karena biasanya anak yang ngin diperhatikan akan berusaha menjawab atau bertanya dengan guru agar anak lain beserta guru memperhatikannya.
8.      Senang meniru
Sebagai guru harus menjaga tindakan, sikap, perkataan, penampilan yang bagus dan rapi agar dapat memberikan contoh yang baik untuk anak didiknya, karena seorang anak SD, seorang guru menjadi pusat perhatian dari anak didiknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar