Karakteristik perkembangan anak usia
sekolah dasar (SD)
Pengertian karakteristik siswa
Karakteristik siswa adalah marupakan
seluruh kondisi/keadaan watak yang nyata dan timbul dalam suatu tindakan siswa
dalam kehidupannya setiap saat dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dengan
demikian, karena watak dan perubahan manusia tidak akan lepas dari kodrat dan
sifat, serta bentuknya yang berbeda-beda antara seorang dengan yang lainnya,
maka tidak heran jika bentuk dan karakter siswa juga berbeda-beda.
Adapun karakteristik dan kebutuhan peserta didik adalah sebagai
berikut.
1.
Senang bermain
Guru SD
seyogiyanya merancang model pembelajaran yang memungkinkan adanya unsur
permainan di dalamnya. Penyusunan jadwal pelajarn hendaknya diselang seling
antar mata pelajaran serius, seperti IPA atau matematika dengan pelajarn yang
mengandung unsur permainan, seperti pendidikan jasmani atau seni budaya dan
keterampilan.
2.
Senang bergerak
Guru hendaknya
merancang model pembelajaran yang memungkinkan anak berpindah atau bergerak.
Guru profesional harus memberikan layanan yang baik agar anak dapat bergerak
secara leluasa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
3.
Anak senang bekerja dalam kelompok
Karakteristik
ini membawa implikasi bahwa guru harus merancang model pembelajaran yang
memungkinkan anak untuk bekerja atau belajar dalam kelompok.
4.
Senang merasakan atau melakukan,
memperagakan sesuatu secara langsung
Guru hendaknya
merancang model pembelajarn yang berkualitas dan memungkinkan anak terlibat
langsung dalam proses pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013,
dimana guru dalam kegiatan belajar mengajar sebagai fasilitator terhadap
murid-muridnya, dan yang aktif adalah siswanya.
5.
Anak suka cengeng
Sebagai guru
harus membuat metode pembelajaran tutorial atau metode bimbingan agar kita
dapat selalu membimbing dan mengarahkan anak, membentuk mental anak agar tidak
cengeng.
6.
Anak sulit memahami isi pembeicaraan
orang lain
Guru harus
membuat metode eksperimen agar anak dapat memahami pelajaran yang diberikan
dengan menemukan sendiri inti dari pelajaran yang diberikan.
7.
Senang diperhatikan
Peran guru
untuk mengarahkan perasaaan anak tersebut dengan menggunakan metode tanya
jawab, karena biasanya anak yang ngin diperhatikan akan berusaha menjawab atau
bertanya dengan guru agar anak lain beserta guru memperhatikannya.
8.
Senang meniru
Sebagai guru
harus menjaga tindakan, sikap, perkataan, penampilan yang bagus dan rapi agar
dapat memberikan contoh yang baik untuk anak didiknya, karena seorang anak SD,
seorang guru menjadi pusat perhatian dari anak didiknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar