Senin, 19 Desember 2016

Teknik Pembelajaran Matematika



1.      Pengertian Teknik
            Teknik adalah cara sistematis mengerjakan sesuatu. Teknik merupakan suatu kiat, atau penemuan yang digunakan untuk menyelesaikan serta menyempurnakan suatu tujuan langsung. Teknik harus konsisten dengan metode. Oleh karena itu, teknik harus selaras dan serasi dengan pendekatan.
            Kemampuan Pendidik sangat menentukan dalam memilih teknik pembelajaran yang akan digunakan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Jika seorang pendidik mempunyai keterbatasan pengetahuan dan penguasaan mengenai disiplin ilmu, sudah tentu ia akan terus berkutat dengan teknik yang sama tanpa variasi. Dengan demikian pembelajaran akan terkesan monoton dan membosankan. Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang pendidik untuk membuat teknik pembelajaran yang bervariasi untuk mencegah siswa merasa bosan terhadap pembelajaran yang sedang berlangsung.
            Setiap teknik mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Oleh karenanya, dalam hal ini seorang pendidik perlu mengkaji teknik pembelajaran yang sesuai dan memilih strategi-strategi yang memberikan peluang-peluang paling banyak bagi peserta didik untuk terlibat secara aktif dalam proses pencapaian tujuan pembelajaran atau kompetensi tertentu.
2.      Macam-macam Teknik Pembelajaran Matematika
            Matematika adalah salah satu pelajaran yang selama ini selalu dianggap sulit. Hal tersebut karena pelajaran yang termasuk dalam ilmu eksak ini bersifat abstrak sehingga perlu pemikiran yang lebih mendalam untuk dapat memahaminya. Karena itu seorang tenaga pendidik memerlukan teknik atau cara yang baik ketika menyampaikan materi pembelajaran matematika ini pada peserta didik.
            Ada beberapa teknik atau cara yang efektif untuk digunakan pada pembelajaran matematika, diantaranya sebagai berikut:
1.      Teknik pembelajaran langsung
Seorang tenaga pendidik haruslah menyadari bahwa materi pembelajaran yang mereka ajarkan bukanlah sesuatu yang konkret melainkan sebuah pelajaran yang abstrak yang menuntut banyak pemahaman bagi para peserta didik. Untuk itu maka pembelajaran pertama yang dapat diberikan adalah dengan teknik pembelajaran langsung. Dengan teknik ini diharapkan para peserta didik akan memiliki bekal dasar terhadap materi pembelajaran yang mereka terima.
2.      Teknik problem solving
Untuk memberikan pembelajaran matematika kepada para peserta didik maka seorang tenaga pendidik dapat menggunakan teknik pembelajaran yang berorientasi pada problem solving atau pemecahan masalah. Disini seorang tenga pendidik dapat memberikan tugas kepada para peserta didiknya untuk memecahkan soal-soal dalam pembelajaran matematika yang diberikan oleh tenaga pendidiknya.
3.      Teknik pembelajaran kooperatif
Ini merupakan sebuah teknik pembelajaran yang lebih menekankan pada kerjasama yang terjalin antar para peserta didik yang terlibat daalm kegiatan pembelajaran matematika. Disini seorang tenaga pendidik dapat membentuk kelompok-kelompok peserta didik yang mana setiap kelompok tersebut diberikan tugas untuk menyelesaikan persoalan matematika. Dengan cara ini sangat baik untuk meningkatkan pemahaman dan keaktifan yang dimiliki oleh para peserta didik dalam kegiatan pembelajaran matematika.
4.      Teknik pembelajaran kontekstual
Teknik pembelajaran yang satu ini merupakan sebuah teknik atau cara pembelajaran yang berbasis pada konteks. Artinya seorang tenaga pendidik diharapkan agar mrnyampaikan atau memberikan pelajaran matematika yang sesuai dengan konteks yang dialami para peserta didik. Cara semacam ini akan lebih mudah menangkap materi pelajarn matematika yang disampaikan tenaga pendidiknya.


1 komentar:

  1. hi dara.. artikel kamu bagus, dan alahamdullilah artikel ini dapat membantu tugas saya pada mata kuliah model-model pembelajaran matematika. kalau boleh saran cantumkan juga rujukan atau referensinya yaa hehee..terimakasih :)

    BalasHapus