1. Pengertian
Teknik
Teknik
adalah cara sistematis mengerjakan sesuatu. Teknik merupakan suatu kiat, atau
penemuan yang digunakan untuk menyelesaikan serta menyempurnakan suatu tujuan
langsung. Teknik harus konsisten dengan metode. Oleh karena itu, teknik harus
selaras dan serasi dengan pendekatan.
Kemampuan
Pendidik sangat menentukan dalam memilih teknik pembelajaran yang akan
digunakan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Jika seorang
pendidik mempunyai keterbatasan pengetahuan dan penguasaan mengenai disiplin
ilmu, sudah tentu ia akan terus berkutat dengan teknik yang sama tanpa variasi.
Dengan demikian pembelajaran akan terkesan monoton dan membosankan. Oleh karena
itu, sangat penting bagi seorang pendidik untuk membuat teknik pembelajaran
yang bervariasi untuk mencegah siswa merasa bosan terhadap pembelajaran yang
sedang berlangsung.
Setiap
teknik mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Oleh karenanya,
dalam hal ini seorang pendidik perlu mengkaji teknik pembelajaran yang sesuai
dan memilih strategi-strategi yang memberikan peluang-peluang paling banyak
bagi peserta didik untuk terlibat secara aktif dalam proses pencapaian tujuan
pembelajaran atau kompetensi tertentu.
2. Macam-macam
Teknik Pembelajaran Matematika
Matematika
adalah salah satu pelajaran yang selama ini selalu dianggap sulit. Hal tersebut
karena pelajaran yang termasuk dalam ilmu eksak ini bersifat abstrak sehingga
perlu pemikiran yang lebih mendalam untuk dapat memahaminya. Karena itu seorang
tenaga pendidik memerlukan teknik atau cara yang baik ketika menyampaikan
materi pembelajaran matematika ini pada peserta didik.
Ada
beberapa teknik atau cara yang efektif untuk digunakan pada pembelajaran
matematika, diantaranya sebagai berikut:
1. Teknik
pembelajaran langsung
Seorang tenaga
pendidik haruslah menyadari bahwa materi pembelajaran yang mereka ajarkan
bukanlah sesuatu yang konkret melainkan sebuah pelajaran yang abstrak yang
menuntut banyak pemahaman bagi para peserta didik. Untuk itu maka pembelajaran
pertama yang dapat diberikan adalah dengan teknik pembelajaran langsung. Dengan
teknik ini diharapkan para peserta didik akan memiliki bekal dasar terhadap
materi pembelajaran yang mereka terima.
2. Teknik
problem solving
Untuk memberikan
pembelajaran matematika kepada para peserta didik maka seorang tenaga pendidik
dapat menggunakan teknik pembelajaran yang berorientasi pada problem solving
atau pemecahan masalah. Disini seorang tenga pendidik dapat memberikan tugas
kepada para peserta didiknya untuk memecahkan soal-soal dalam pembelajaran
matematika yang diberikan oleh tenaga pendidiknya.
3. Teknik
pembelajaran kooperatif
Ini merupakan
sebuah teknik pembelajaran yang lebih menekankan pada kerjasama yang terjalin
antar para peserta didik yang terlibat daalm kegiatan pembelajaran matematika.
Disini seorang tenaga pendidik dapat membentuk kelompok-kelompok peserta didik
yang mana setiap kelompok tersebut diberikan tugas untuk menyelesaikan
persoalan matematika. Dengan cara ini sangat baik untuk meningkatkan pemahaman
dan keaktifan yang dimiliki oleh para peserta didik dalam kegiatan pembelajaran
matematika.
4. Teknik
pembelajaran kontekstual
Teknik
pembelajaran yang satu ini merupakan sebuah teknik atau cara pembelajaran yang
berbasis pada konteks. Artinya seorang tenaga pendidik diharapkan agar
mrnyampaikan atau memberikan pelajaran matematika yang sesuai dengan konteks
yang dialami para peserta didik. Cara semacam ini akan lebih mudah menangkap
materi pelajarn matematika yang disampaikan tenaga pendidiknya.
hi dara.. artikel kamu bagus, dan alahamdullilah artikel ini dapat membantu tugas saya pada mata kuliah model-model pembelajaran matematika. kalau boleh saran cantumkan juga rujukan atau referensinya yaa hehee..terimakasih :)
BalasHapus