Senin, 26 Desember 2016

Filosofi Paradise Park atau Air Terjun Bidadari

Filosofi Paradise Park atau Air Terjun Bidadari
Kota Bogor memang terkenal dengan julukannya sebagai kota hujan. Di Bogor ada beragam objek wisata alam yang dapat dikunjungi, salah satu objek wisata di Bogor yang wajib dikunjungi adalah Air Terjun Bidadari Sentul Paradise Park. Objek wisata alam yang satu ini telah menyuguhkan sebuah panorama alam yang masih asri dan hijau. Tak jarang banyak yang mengenal air terjun ini dengan sebutan Curug Bojong Koneng, mengingat lokasinya yang berada tepat di sekitar Desa Bojong Koneng. Tinggi Air Terjun Bidadari ini mencapai 50 meter dan air yang mengalir tidak terlalu deras.
Sejarah Air Terjun Bidadari
Mulanya, lokasi Air Terjun Bidadari sangat tersembunyi. Untuk mencapai air terjun ini Anda harus berjalan kaki sejauh 2 km. Adanya bukit yang membentuk lembah membuat air terjun ini hanya bisa terlihat sebagian, bukan secara keseluruhan. Alhasil keindahan air terjun ini tidak dapat terekspos dengan baik.
Karena hal ini, bukit yang membentuk lembah tersebut akhirnya digali untuk membuat akses jalan menuju air terjun. Penggalian ini juga bertujuan untuk membuat kolam penampungan dari air terjun tersebut. Kemudian muncul kendala kedua, yaitu sebuah batu besar yang tepat berada di depan air terjun. Alhasil batu tersebut dibelah untuk dijadikan hiasan. Jika dilihat dari kejauhan, batu tersebut seolah terbelah oleh air terjun dan memberi jalan untuk aliran air.
Menurut legenda yang beredar di masyarakat, di antara bebatuan raksasa yang ada terdapat sebuah celah yang dulunya merupakan tempat persembunyian Jaka Tarub. Sesuai dengan cerita legenda yang ada, Jaka Tarub menggunakan celah tersebut untuk mengintip para bidadari dari kahyangan yang sedang mandi di sana. Itulah mengapa air terjun ini dinamakan sebagai Air Terjun Bidadari, karena merupakan tempat dari para bidadari kahyangan mandi.
Sampai saat ini, belum ada jawabannya mengapa air terjun tersebut dinamai air terjun bidadari. Namun, berdasarkan legenda yang berkembang di masyarakat, dapat dipahami bahwa air terjun sangat berkaitan erat dengan dongeng Jaka Tarub.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar